Halo kawan semua ketemu lagi, semoga sehat selalu dan dalam lindungan-Nya. Kali ini saya akan coba membahas mengenai aplikasi excel dan ada sangkut pautnya dengan postingan sebelumnya yaitu Cara Menampilkan Menu Developer Di Excel.
Pada postingan Cara Menampilkan Menu Developer Di Excel sudah dibahas untuk mengaktifkan menu tersebut dan kali ini kita akan coba menggunakan menu dan submenu tersebut. Kita akan coba membuat project mini menggunakan aplikasi Excel. Project kali ini kita akan mencoba membuat script, dimana fungsi dari script tersebut adalah menambahkan data yang diinputkan dan menyimpannya di Sheet lainnya ke baris berikutnya bila baris sebelumnya sudah ada data/ record.
Langkah pertama, tentunya siapkan aplikasi excel (disini saya menggunakan Excel 2010).
Langkah kedua, buat sebuah form sederhana pada Sheet 1. Disini saya contohkan sesuai dengan tampilan dibawah ini, namun bila kawan ingin lebih silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kawan-kawan.
Langkah ketiga, buat pada Sheet 2 untuk penyimpanan data nantinya sesuaikan dengan form input tadi. Disebelah field terakhir buat rumus sebagai berikut : =COUNT(A:A), maksudnya adalah untuk menghitung record yang ada pada data tersebut dan aka nada hubungannya nanti dengan script yang akan dibuat nanti.
Langkah keempat, pada sheet form pertama kita buat sebuah tombol dengan cara pada menu Developer, klik Insert, pilih Button, dan akan muncul jendela window Assign Macro, ketik pada Macro Name : cmdinput, kemudian klik tombol New, dan kita diarahka aktif ke window Microsoft Visual Basic fo Application. Disinilah kita akan buat script nantinya untuk input form yang kita buat tadi.
Ketikkan script dibawah ini :
Dim no_daftar, nama_calon, asal_sekolah, nilai_un As String
'PILIH SHEET
Sheets("Sheet1").Select
'DATA
no_daftar = Range("E6").Text
nama_calon = Range("E7").Text
asal_sekolah = Range("E8").Text
nilai_un = Range("E9").Text
'MASUKAN DATA
'If MsgBox("Yakin Anda Akan Menyimpannya ?", vbYesNo + vbQuestion, "Konfirmasi") = vbYes Then
'MASUKAN KE SHEET DATA MASUK
Sheets("Sheet2").Select
jumlahData = Range("E1").Value
Rows(jumlahData + 2 & ":" & jumlahData + 2).Select
Selection.Copy
Rows(jumlahData + 2 & ":" & jumlahData + 2).Select
ActiveSheet.Paste
Application.CutCopyMode = False
Range("A" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = no_daftar
Range("B" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = nama_calon
Range("C" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = asal_sekolah
Range("D" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = nilai_un
Sheets("Sheet1").Select
Range("E6:E9") = ""
Range("E6").Select
Setelah membuat script coba anda tes pada form input tadi dan klik tombol SIMPAN. Simpan file tersebut dengan ekstensi xlsm (Excel Macro-Enabled Workbook).
Pada postingan Cara Menampilkan Menu Developer Di Excel sudah dibahas untuk mengaktifkan menu tersebut dan kali ini kita akan coba menggunakan menu dan submenu tersebut. Kita akan coba membuat project mini menggunakan aplikasi Excel. Project kali ini kita akan mencoba membuat script, dimana fungsi dari script tersebut adalah menambahkan data yang diinputkan dan menyimpannya di Sheet lainnya ke baris berikutnya bila baris sebelumnya sudah ada data/ record.
Langkah pertama, tentunya siapkan aplikasi excel (disini saya menggunakan Excel 2010).
Langkah kedua, buat sebuah form sederhana pada Sheet 1. Disini saya contohkan sesuai dengan tampilan dibawah ini, namun bila kawan ingin lebih silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kawan-kawan.
Langkah ketiga, buat pada Sheet 2 untuk penyimpanan data nantinya sesuaikan dengan form input tadi. Disebelah field terakhir buat rumus sebagai berikut : =COUNT(A:A), maksudnya adalah untuk menghitung record yang ada pada data tersebut dan aka nada hubungannya nanti dengan script yang akan dibuat nanti.
Ketikkan script dibawah ini :
Dim no_daftar, nama_calon, asal_sekolah, nilai_un As String
'PILIH SHEET
Sheets("Sheet1").Select
'DATA
no_daftar = Range("E6").Text
nama_calon = Range("E7").Text
asal_sekolah = Range("E8").Text
nilai_un = Range("E9").Text
'MASUKAN DATA
'If MsgBox("Yakin Anda Akan Menyimpannya ?", vbYesNo + vbQuestion, "Konfirmasi") = vbYes Then
'MASUKAN KE SHEET DATA MASUK
Sheets("Sheet2").Select
jumlahData = Range("E1").Value
Rows(jumlahData + 2 & ":" & jumlahData + 2).Select
Selection.Copy
Rows(jumlahData + 2 & ":" & jumlahData + 2).Select
ActiveSheet.Paste
Application.CutCopyMode = False
Range("A" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = no_daftar
Range("B" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = nama_calon
Range("C" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = asal_sekolah
Range("D" & jumlahData + 2).Select
ActiveCell.FormulaR1C1 = nilai_un
Sheets("Sheet1").Select
Range("E6:E9") = ""
Range("E6").Select
Setelah membuat script coba anda tes pada form input tadi dan klik tombol SIMPAN. Simpan file tersebut dengan ekstensi xlsm (Excel Macro-Enabled Workbook).
Berikut file yang bisa kawan download untuk lebih jelasnya (download).
3 Komentar untuk "Membuat Input Data Menggunakan Macro Di Excel"
om dik, klo : Rows(jumlahData + 2 & ":" & jumlahData + 2).Select
maksud dari 2 itu apa ya? saya dapet type mismatch terus
Mas ada nggak tutorial membuat form input tp menggunakan record macro... soalx saya mau blajar dr awal bukan langsung memasukkan rumus kayak gitu...
terima kasih mas, atas ilmunya. berjalan sukses. btw, misal saya lupa mengisikan NILAI UN, tetapi sdh terlanjur klik SIMPAN. cara bikin menu Updatenya bgmn mas? brt kan, panggil data yg tidak lengkap dr sheet 2, munculkan di form lalu lengkapi yg masih kosong, klik tombol Update, tersimpan di sheet 2 dan replace data sebelumnya yg tidak update